Monday, November 1, 2010

Bagaimana Cara Kerja Search Engine


expr:id='"post-" + data:post.id'> Masih melanjutkan mengenai ringkasan diskusi ringan yang kemarin telah banyak memberikan ilmu tentang dunia internet khususnya dalam blogging. Sekarang saya akan sedikit membagikan pengetahuan yang barangkali sangat berguna bagi Anda semua, yaitu mengenai bagaimana cara kerja search engine.





Anda yang setiap harinya yang berkecimpung dalam dunia internet tentunya menggunakan search engine untuk membantu pekerjaan Anda, baik Anda seorang blogger, Internet Marketing, atau sekedar penikmat dunia maya. Tanpa search engine tentunya internet akan terasa tidak ada gunanya, maka dari itulah diperlukan suatu search engine. Search engine merupakan sebuah sistem database raksasa yang dirancang khusus untuk meng-index alamat-alamat di Internet, untuk melaksanakan tugasnya, sebuah search engine juga dibekali dengan program khusus yang sering kita dengar dengan sebutan spider, bot, atau crawler. Kalau Anda seroang blogger tentunya tidak asing lagi dengan istilah-istilah tersebut, atau sebaliknya Anda gak mau tahu dengan apa yang namanya spider, bot, maupun crawler..hehehe gak penting juga kok..
Nah bagi Anda seorang blogger, masih ingatkan saat Anda pertama kali mendaftarkan blog Anda ke mesin pencari atau search engine ?? pada saat Anda mendaftarkan sebuah alamat situ/web (URL), yang bekerja pertama kali dan yang menyambut alamat web Anda pertama kali ialah spider tersebut. Spider dari search engine akan menerima sekaligus menganalisa URL situs Anda, dan dengan sebuah Algoritma tertentu spider dari sebuah search engine akan memutuskan apakah web yang Anda daftarkan layak diterima atau tidak. Jika spider menganggap layak, maka spider akan menyimpan URL situs Anda kedalam sistem database mereka. Nah kalau belum/tidak diterima bagaimana ?? tenang gak perlu kawatir, karena semua situs yang pertama kali didaftarkan ke search engine pasti akan diterima, yang harus Anda lakukan hanyalah bersabar dan mengulangi pendaftaran hingga search engine benar-benar mau meng-index situs Anda.
Perlu Anda ketahui walaupun spider dari search engine di buat dengan akurat dan handal tetapi kecepatan spider atau crawler disetiap search engine berbeda-beda. Jadi kalau Anda mendaftarkan situs/web Anda ke search engine sekarang kemungkinan akan di list dan terbaca sekaligus tersimpan 2 minggu hingga 1 bulan kemudian, bahkan ada yang sampai 3 bulan baru terlist di spider search engine. Selain itu alasan lamanya spider meng-index URL Anda, disebabkan karena search engine dengan spidernya mendata ribuan bahkan jutaan situs baru yang mendaftar di saat itu, so Anda mau tidak mau harus mengantri :D .
Kalau sudah ter-index oleh search engine, apakah sudah cukup seperti itu ? Sekali lagi spider bekerja mendata berjuta-juta bahkan milyaran alamat situs setiap saat di seluruh dunia dan belum tentu situs Anda yang sudah ter-index dan masuk dalam database mereka dengan cepat ter-index disetiap postingan artikel terbaru Anda. Yang Anda harus kerjakan selanjutnya agar setiap Anda posting dengan URL yang berbeda adalah sebuah pagerank. Semakin tinggi pagerank Anda tentunya Search Engine mendahulukan Situs Anda dan tentunya semakin cepat URL Anda ter-index oleh search engine, dan itu juga menjadi rahasia dari search engine.
Semoga Bermanfaat….






0 comments:

Post a Comment

654321
 

Cah Ndhesho Online. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by cah nhesho online